Sabtu, 08 Juli 2017

Cara melindungi komputer dari malware dan peretas (hacker)



Apapun tujuan anda, melindungi komputer anda dan memastikannya aman adalah langkah awal terpenting untuk perlindungan yang lebih baik. Jadi sebelum anda memikirkan tentang kata sandi yang kuat, komunikasi pribadi dan penghapusan file yang aman, anda harus yakin bahwa komputer anda tidak rentan terhadap para hacker/peretas atau terjangkit software (perangkat lunak) berbahaya yang disebut dengan malware, seperti virus dan spyware. Jika tidak, sulit untuk menjamin efektivitas dari langkah-langkah pengamanan yang anda lakukan. Lagi pula, tidak ada gunanya mengunci rumah anda jika sang perampok sudah ada di dalam rumah, dan tidak ada gunanya mencari perampok tersebut di dalam rumah jika pintu anda biarkan terbuka.
Bab ini menjelaskan cara merawat software dan menggunakan perangkat seperti Avast, Spybot dan Comodo Firewall untuk melindungi komputer anda dari bahaya infeksi malware dan serangan hacker/peretas. Walaupun perangkat yang direkomendasikan dalam bab ini adalah untuk Windows, system operasi yang paling rentan terhadap ancaman malware dan hacker, pengguna GNU/Linux dan Apple OS X juga berisiko terhadap serangan yang sama dan dapat menggunakan berbagai taktik yang dijelaskan di bawah ini.

Latar belakang Skenario

Assani adalah seorang aktivis hak asasi manusia yang tinggal di sebuah Negara Afrika berbahasa Perancis. Dua anak remajanya. Salima dan Muhindo, menawarkan bantuan untuk pekerjaan yang biasa ia kerjakan. Setelah melihat keadaan komputernya, mereka mengajarkan Assani cara menjaga komputer tetap sehat dan fungsional. Assani juga ingin menggunakan software gratis dan open source, tetapi ia tidak yakin tentang keamanan software tersebut, maka ia meminta masukan dari anak-anaknya.

Yang dapat anda pelajari dari bab ini

  • Sifat-sifat dari ancaman malware terhadap kerahasiaan dan integritas informasi, stabilitas komputer, dan reliabilitas dari perangkat keamanan lain yang ada dalam komputer anda
  • Cara anda menggunakan beberapa perangkat yang direkomendasikan untuk melindungi komputer anda dari ancaman yang ada
  • Membuat komputer anda tetap aman dengan cara memperbarui software anda secara berkala
  • Mengapa anda harus menggunakan perangkat freeware untuk menghindari bahaya yang berkaitan dengan lisensi yang kadaluarsa atau software bajakan, dan menggunakan perangkat FOSS popular untuk meningkatkan keamanan komputer anda

Jenis - Jenis Virus

Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan virus, dan setiap metode tersebut menghasilkan nama kategori yang berbeda-beda. Worm, macrovirus, trojan dan backdoor adalah beberapa contoh virus yang banyak dikenal. Banyak dari virus tersebut tersebar di Internet, melalui email, situs web berbahaya, atau berbagai cara lain yang ditujukan untuk menginfeksi komputer yang tidak terlindungi. Virus lain tersebar melalui media yang bisa dipindahkan, seperti stik memori/USB dan eksternal hard drives yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan membaca informasi. Virus dapat menghancurkan, merusak, atau menginfeksi informasi dalam komputer anda, termasuk data yang berada dalam drive eksternal. Virus juga dapat mengkontrol komputer anda dan menggunakannya untuk menyerang komputer lain. Untungnya banyak perangkat anti-virus yang dapat anda gunakan untuk melindungi komputer anda serta mereka yang sering bertukar informasi digital dengan anda.

Perangkat Lunak (Software) Anti-virus

Ada sebuah program freeware anti-virus hebat untuk Windows disebut Avast,program ini mudah digunakan, di-update (perbarui) secara rutin, dan diakui oleh para ahli anti-virus. Program ini mengharuskan anda mendaftar setiap 14 bulan sekali, proses pendaftaran, up dates dan program ini diberikan secara gratis.
Hands-on: Petunjuk penggunaan Avast Guide
Clam Win adalah sebuah alternatif FOSS untuk Avast dan berbagai program anti-virus ternama yang banyak dijual di pasaran. Walaupun terbatas dalam beberapa fitur utama yang penting dalam program anti-virus, Clam Win memiliki kelebihan, yaitu dapat dijalankan melalui USB untuk memindai komputer yang diprotect dimana anda tidak dapat meg-install software kedalamnya. Program ini sangat berguna saat anda harus menggunakan komputer umum atau warnet untuk pekerjaan yang penting.

Tips penggunaan software anti-virus secara efektif

  • Jangan menjalankan dua program anti-virus pada saat yang bersamaan karena dapat memperlambat kerja komputer anda atau dapat juga menyebabkan crash. Hapuslah program anti-virus yang ada sebelum anda menginstal program anti-virus yang baru
  • Pastikan program anti-virus anda memungkinkan untuk menerima update. Banyak dari anti-virus komersil atau yang sudah diinstal dalam komputer baru harus didaftarkan (dan harus membayar) terlebih dahulu untuk item-item tertentu atau antivirus tersebut akan berhenti menerima up date. Semua software yang direkomendasikan disini dapat di-update secara gratis.
  • Pastikan software anti-virus anda di-update secara teratur. Virus baru dibuat dan disebarkan setiap hari dan komputer anda bisa menjadi rentan jika anti-virus anda tidak terus menerus di-update. Avast akan secara otomatis meng-update saat komputer anda terhubung dengan Internet.
  • Upayakan agar fitur Virus Detection pada Anti Virus anda selalu dalam posisi ‘always on’ (selalu menyala). Setiap software memiliki nama yang berbeda untuk fitur tersebut, tetapi kebanyakan memiliki fitur yang serupa. Ada yang menyebutnya ‘Realtime Protection’ , ‘Resident Protection’, atau sejenisnya. Perhatikan Section 3.2.1 pada Panduan Avast untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur ‘Resident Scanner’ pada perangkat tersebut.
  • Scan (pindai) semua berkas yang ada dalam komputer anda secara rutin. Anda tidak harus melakukannya setiap hari (terutama jika Anti Virus anda memiliki fitur ‘always on’ seperti dijelaskan di atas), tetapi anda tetap harus melakukannya secara berkala. Seberapa seringnya tergantung pada keadaan masing-masing. Apakah baru-baru ini anda menghubungkan komputer anda ke jaringan yang tidak dikenal? Dengan siapa saja anda sudah berbagi stik memori/USB? Apakah anda sering menerima lampiran aneh dalam email anda? Apakah komputer yang ada di rumah atau kantor anda mengalami gangguan virus? Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara men-scanning file, lihat Panduan Avast.

Mencegah infeksi virus

  • Berhati-hatilah saat membuka attachment (lampiran email). Sebaiknya hindari membuka attachment dari sumber tidak dikenal. Jika anda harus membukanya, pertama anda harus menyimpan lampiran tersebut ke dalam folder di komputer anda, lalu bukalah aplikasi yang sesuai (seperti Microsoft Word atau Adobe Acrobat). Jika anda menggunakan menu ‘File’ dalam program untuk membuka lampiran secara manual dan tidak meng-klik dua kali lampiran tersebut atau membiarkan email anda membukanya secara otomatis, kemungkinan anda untuk terkena virus lebih kecil.
  • Pertimbangkan resikonya sebelum memasukkan media seperti CD, DVD, dan stik memori/USB ke komputer anda. Anda harus memastikan anti-virus anda sudah ter-update dan virus scan berjalan. Ada baiknya juga untuk mematikan fitur ‘AutoPlay’ pada komputer anda, fitur ini sering digunakan virus untuk menginfeksi komputer. Dalam Windows XP, ini dapat dilakukan dengan cara masuk ke My Computer, klik-kanan pada penggerak CD atau DVD, pilih Properties dan klik pada tab AutoPlay. Pilih Take no action atau Prompt me each time to choose an action untuk setiap tipe berkas, lalu klik OK.
  • Anda juga dapat mencegah infeksi virus dengan beralih ke software open source yang dapat diperoleh secara gratis, biasanya lebih aman dan jarang diincar oleh para pembuat virus..
Assani: Saya punya pembersih virus dan secara rutin saya membersihkan komputer saya, berarti komputer saya amankan??
Salima: Sebenarnya, punya software anti-virus saja tidak cukup. Kamujuga harus melindungi komputermu dari spyware dan hackes/peretas, jadi kamu harus menginstal dan menggunakan perangkat yang lebih lengkap.

Spyware

Spyware adalah jenis software berbahaya yang dapat melacak pekerjaan yang anda lakukan, baik di komputer maupun di Internet dan mengirimkan informasi tersebut kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya. Program ini antara lain dapat merekam kata-kata yang telah anda ketik dengan keyboard, mouse, halaman-halaman yang anda kunjungi dan program yang anda jalankan. Akibatnya program ini dapat merusak keamanan komputer anda dan membuka informasi rahasia tentang diri anda, semua aktivitas dan kontak anda. Spyware menginfeksi komputer sama dengan cara virus menginfeksi komputer, maka banyak dari petunjuk di atas juga berguna untuk melawan malware kelas dua ini. Laman web berbahaya adalah sumber utama penginfeksian spyware, anda harus lebih berhati-hati terhadap situs web yang anda kunjungi dan pastikan bahwa pengaturan browser anda sudah aman.
Assani: Kedengarannya seperti cerita dalam film detektif. Memang komputer saya benar-benar sudah "terinfeksi spyware?"
Muhindo: Percaya atau tidak, ini sering terjadi. Jika program yang kamu unduh(download) dari Internet tidak menginfeksi, maka besar kemungkinan salah satu laman situs yang kamu kunjungilah penyebabnya. Fakta bahwa kamu menggunakan Windows dan Internet Explorer membuat kemungkinannya lebih besar. Kalau kamu tidak pernah men-scanning komputer kamu untuk spyware, saya yakin kamu akan kaget saat tahu berapa banyak yang sudah terinstal di komputer kamu

Perangkat Lunak(Software) Anti-spyware

Anda dapat menggunakan perangkat anti-spyware untuk melindungi komputer anda dari jenis ancaman ini. Spybot adalah salah satu contohnya dan perangkat ini bekerja dengan sangat baik dalam mengidentifikasi dan menghapus tipe-tipe malware tertentu yang sering tidak dihiraukan oleh program anti-virus. Namun, seperti program anti-virus lainnya, sangat penting untuk selalu meng-update definisi Spybot's malware dan melakukan pemindaian rutin.
Hands-on: Petunjuk memulai penggunaan Spybot Guide

Mencegah infeksi spyware

  • Selalu waspada saat melakukan penjelajahan(browsing) di situs web. Awasi jendela browser yang muncul secara otomatis dan bacalah secara seksama sebelum mengklik Yes atau OK. Jika anda ragu, tutuplah jendela yang muncul ('pop up windows') dengan mengklik tanda X di pojok kanan atas, daripada langsung mengklik Cancel. Ini dapat mencegah laman web untuk menginstal malware dalam komputer anda.
  • Tingkatkan keamanan browser anda dengan mencegahnya menjalankan program yang mungkin berbahaya secara otomatis, yang terkadang terdapat dalam laman web yang anda kunjungi. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox, anda dapat menginstal tambahan NoScript, seperti dijelaskan di Bab 4 dalam Panduan Firefox.
  • Jangan pernah menerima dan menjalankan konten jenis apapun jika datang dari situs yang anda tidak ketahui dan tidak dipercaya.
Assani:Saya dengar ‘Java applets’ dan ‘ActiveX controls’ berbahaya. Tapi saya tidak tahu itu apa!
Salima: Itu contoh berbeda dari jenis program yang sama, yaitu program kecil yang biasanya diunduh oleh browser secara bersamaan saat membuka halaman yang kita baca. Perancang Web biasa menggunakannya untuk membuat situs yang rumit, tetapi program itu juga dapat menyebarkan virus dan spyware. Kamu tidak perlu terlalu khawatir tentang cara kerjanya, selama kamu telah menginstal NoScript dan menjalankannya dengan benar.

Firewalls

Firewall adalah program pertama di komputer yang mengawasi data yang masuk dari Internet. Firewall juga program terakhir yang menangani informasi yang keluar dari komputer. Firewall menerima, menginspeksi dan membuat keputusan tentang semua data yang masuk dan keluar, persis seperti satpam yang berjaga di depan pintu gedung dan mengawasi siapa saja yang boleh masuk dan keluar dari gedung. Pada dasarnya, sangat penting bagi anda untuk melindungi komputer anda dari koneksi yang tidak terpercaya di Internet dan juga dari jaringan lokal, dimana keduanya dapat memberikan akses bagi peretas dan virus ke komputer anda. Namun, memonitor koneksi yang keluar dari komputer anda juga sama pentingnya.
Firewall yang baik memungkinkan anda untuk memiliki dan memilih izin untuk pengaksesan di setiap program yang ada di komputer anda. Jadi saat salah satu dari program di komputer anda mencoba untuk membuat hubungan ke dunia luar, firewall anda akan membloknya dan memperingatkan anda, kecuali jika program tersebut sudah dikenali dan anda mengizinkannya untuk membuat koneksi tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah malware yang sudah ada menyebarkan virus atau mengundang peretas masuk ke komputer anda. Dengan demikian firewall menjalankan dua fungsi, pertahanan ditingkat kedua dan system peringatan awal terhadap keamanan komputer anda.

Perangkat Lunak (software) Firewall

Versi terbaru dari Microsoft Windows sudah memiliki firewall yang tertanam di dalamnya, yang diaktifkan secara otomatis. Sayangnya, Windows firewall ini memiliki banyak keterbatasan. Keterbatasan utamanya adalah tidak dapat memeriksa koneksi keluar dan juga agak sulit digunakan. Namun, ada sebuah program freeware yang bermutu bernama Comodo Firewall yang dapat bekerja lebih baik untuk mengamankan komputer anda.

Mencegah ter-koneksi ke jaringan tidak terpercaya

  • Instal-lah program-program komputer yang penting dan berguna untuk menunjang pekerjaan anda,pastikan anda mendapatkannya dari sumber yang terpercaya. Ada baiknya juga jika anda meng-uninstal perangkat lunak (software) yang tidak anda pakai.
  • Putuskan jaringan ke Internet saat anda tidak menggunakannya dan matikanlah komputer anda secara sempurna di malam hari.
  • Jangan memberikan kata sandi (password) Windows anda kepada siapapun.
  • Jika anda masih meng-enable ‘Windows Services’ yang sudah lama tidak digunakan lagi, maka ada baiknya anda men-disable-kannya. Lihat bagian Bacaan Lanjutan untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini.
  • Pastikan semua komputer dalam jaringan tempat kerja anda memiliki firewall </li>
  • Namun jika kantor anda belum memilikinya, ada baiknya kantor anda menginstal firewall tambahan untuk melindungi seluruh jaringan lokal di kantor anda. Banyak gateways broadband yang dijual di pasaran memiliki firewall yang mudah digunakan, mengaktifkannya dapat membuat jaringan anda jauh lebih aman. Jika anda ragu harus mulai dari mana, anda dapat meminta bantuan dari tehnisi yang mendirikan jaringan anda.
Asani: Jadi menurutmu saya sebaiknya menginstal software anti-virus, anti-spyware dan firewall? Apa komputer saya bisa menampung itu semua?
Muhindo: Tentu saja! Bahkan, ketiga perangkat tersebut adalah hal yang paling dasar jika kamu mau tetap aman menggunakan Internet saat ini ini. Ketiga perangkat itu dibuat untuk bekerja bersamaan, jadi menginstalnya tidak akan menimbulkan masalah. Tapi ingat, yah! Jangan menggunakan dua anti-virus atau dua firewall pada saat yang bersamaan.

Membuat perangkat lunak (software) anda tetap up-to-date

Program-program di komputer sering kali bersifat besar dan rumit. Tidak dapat dihindari bahwa terdapat kesalahan atau ke-cacatan (undiscovered errors) yang belum terdeteksi dibeberapa perangkat lunak yang anda sering gunakan dan kesalahan ini dapat merusak keamanan komputer anda. Para pengembang perangkat lunak terus menemukan 'kesalahan' dalam perangkat lunak dan secara berkala mereka menerbitkan pembaruan (update) untuk memperbaiki perangkat lunak tersebut. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk secara berkala memperbarui (mengupdate) semua perangkat lunak yang ada di komputer anda, termasuk OS-nya (operating system). Jika Windows tidak melakukan pembaruan Windows secara otomatis, anda dapat mengaturnya dengan cara mengklik menu Start, pilih All Programs dan klik Windows Update. Pilihan ini akan membuka Internet Explorer dan akan membawa anda ke halaman Microsoft Update, dimana anda dapat mengaktifkan fitur Automatic Updates. Lihatlah bagian Bacaan Lanjutan untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Tetap up-to-date dengan freeware dan perangkat FOSS

Perangkat lunak resmi (Proprietary software) sering kali mengharuskan anda untuk membuktikan bahwa anda membelinya secara sah sebelum anda dapat menginstal pembarunya (update). Contohnya, jika anda menggunakan Microsoft Windows bajakan, program anda tidak dapat di barui( di-update) dan hal ini dapat membuat informasi anda rentan terhadap berbagai ancaman. Tidak memiliki lisensi yang valid menempatkan anda dan orang lain dalam bahaya. Mengandalkan perangkat lunak ilegal juga dapat meningkatkan resiko non-teknis. Di banyak negara, pihak berwenang sudah mulai mengharuskan organisasi-organisasi untuk memiliki lisensi yang valid untuk setiap perangkat lunak yang mereka gunakan. Polisi telah menyita banyak komputer dan juga menutup banyak organisasi dengan dasar ‘pembajakan perangkat lunak’. Peraturan ini dapat disalahgunakan dengan mudah di negara-negara yang pihak berwenangnya memiliki alasan politis untuk mengintervensi kerja organisasi tertentu. Untungnya, anda tidak harus membeli software mahal untuk melindungi diri dari trik seperti ini.
Kami sangat menganjurkan agar anda mencoba freeware atau FOSS alternatif untuk setiap perangkat lunak resmi (propriety software)yang saat ini anda gunakan, terutama untuk program-program yang tidak berlisensi. Freeware dan FOSS seringkali dibuat oleh sukarelawan dan organisasi nirlaba yang selain menerbitkan juga mengeluarkan pembaruannya(update) secara cuma-cuma. Secara khusus perangkat FOSS, dapat dikatakan lebih aman dari perangkat lunak resmi (proprietary), karena perangkat tersebut dikembangkan secara transparan, yang memungkinkan kode sumbernya (source code) dinilai oleh para ahli dan siapapun yang dapat mengidentifikasi permasalahan dan memberikan solusinya.
Banyak aplikasi FOSS yang tampilan dan cara kerjanya hampir sama dengan perangkat lunak resmi yang harus mereka gantikan. Anda juga dapat menggunakannya bersamaan dengan perangkat lunak resmi lainnya, bahkan dengan Windows sebagai sistem operasi, tanpa ada masalah. Bahkan jika rekan anda melanjutkan dengan menggunakan versi komersil dari program sejenis, anda tetap dapat degnan mudah bertukar berkas dan berbagi informasi dengan mereka. Khususnya, jika anda ingin mengganti Internet Explorer, Outlook atau Outlook Express dan Microsoft Office dengan Firefox, Thunderbird dan OpenOffice.
Bahkan anda dapat sepenuhnya beralih dari sistem operasi Microsoft Windows dan mencoba menggunakan FOSS alternatif yang lebih aman yang disebut GNU/Linux. Cara terbaik untuk mengetahui apakah anda siap menggantinya adalah dengan mencobanya. Anda dapat mengunduh versi LiveCD dari Ubuntu Linux, menyimpannya di dalam CD atau DVD, memasukkannya ke dalam komputer dan menyalakannya (restart) kembali. Jika sudah selesai memuat (upload), komputer anda akan menjalankan GNU/Linux, dan anda dapat mempertimbangkannya. Jangan khawatir, ini tidak bersifat permanent. Jika anda sudah selesai menggunakannya, matikanlah komputer anda dan keluarkan LiveCD Ubuntu tersebut. Saat anda menyalakan komputer kembali, anda akan kembali ke Windows, dan semua aplikasi, pengaturan, dan data akan tetap sama seperti semula. Perangkat lunak Open Source tidak hanya memberikan keamanan kepada penggunanya, Ubuntu juga mudah digunakan dan menyediakan perangkat pembaru secara gratis, dan hal ini dapat membuat sistem operasi anda selalu up-to-date dan aman.
Source : https://securityinabox.org/id/guide/malware/

2 komentar

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
cobain open source project rancangan ane gan >

IT Tools Pack Solution

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi

A Review of a $1,000 Casino + 200 Free Spins | DrMCD
A casino 전라남도 출장안마 bonus offers, including 부천 출장마사지 slots, blackjack, roulette, live casino, bingo, 순천 출장안마 bingo, poker, roulette, 공주 출장마사지 and the latest bonus codes. If you have 경산 출장마사지 been


EmoticonEmoticon