Sabtu, 08 Juli 2017

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Cara merawat flashdisk agar awet (tidak cepat rusak) bagi kebanyakan orang sering diabaikan. Padahal jika diperhatikan sebenarnya mereka hanya melakukan kesalahan kecil, namun resiko yang bisa didapat sangatlah besar. Flashdisk memang bentuknya kecil dan ga seberapa tapi jika data yang ada di flashdisk itu rusak/hilang maka anda akan dibuatnya pusing bahkan frustasi; resiko mengulang pekerjaan anda yang cukup banyak dari data yang hilang/rusak misalnya, padahal waktu yang dibutuhkan berhari-hari atau mungkin berbulan-bulan.

beli-flashdisk-on-the-go

Meski sekarang banyak media penyimpanan yang bisa diandalkan seperti cloud storage google drive, namun kebanyakan orang masih mengandalkan flashdisk sebagai tempat penyimpanan data sementara. Mudah dan tidak perlu koneksi internet, masih jadi alasan utamanya. Ini lah kenapa sampai saat ini masih banyak toko-toko online yang tetap menjual flashdisk. Apalagi sekarang kapasitas flashdisk semakin besar dan designnya pun multifungsi baik untuk pc/laptop ataupun untuk handphone. Flashdisk yang dapat digunakan untuk laptop sekaligus bisa dicolok ke smartphone ini dikenal dengan Flashdisk OTG "On The Go".

Kapasitasnya semakin besar. Jika dulu kapasitas penyimpanannya yang dianggap terbesar misalnya ada di 16 GB, sekarang sudah mencapai 64 GB. Di bawah 64 Gb ada 32 GB. Sebenarnya sudah ada yang lebih besar lagi ukurannya yaitu 256 GB, namun sepertinya di toko-toko online di indonesia masih jarang sekali dijual. Seperti yang saya telusuri baru ada di http://fjb.kaskus.co.id/ dan bukalapak.com. Flashdisk dengan kapasitas penyimpanan 256 GB banyak terdapat di toko online luar negeri seperti di amazon.com. Harganya pun masih sangat mahal, sekitar $59.99.
PNY Turbo 256GB USB 3.0 Flash Drive
PNY Turbo 256GB USB 3.0 Flash Drive - amazon.com

Jadi flashdisk masih di anggap sebagai media penyimanan data movable yang paling bisa diandalkan; mudah, tanpa koneksi internet, dan bentuknya yang jauh lebih kecil dari pada eksternal hardisk.

Namun tahukan anda bagimana cara merawat flash disk agar terhindar dari kerusakan atau kehilangan data?
Perawatan flashdisk biar awet dan tahan lama secara benar. Secara umum yang dilakukan orang supaya terhindar dari kerusakan adalah mencabut flashdisk setelah proses "eject" dan muncul "Safely Remove Hardware and Eject Media". Tapi sebenarnya masih banyak poin-poin penting yang bisa anda perhatikan.
Jika anda sudah membeli flashdisk, perhatikan beberapa poin berikut agar flashdisk yang anda beli awet dan tidak cepat rusak, sehingga data-data anda anda tetap aman di dalam flasdisk tersebut:

1. Hindari benturan keras yang dikarenakan flasdisk terjatuh. Sebaiknya gunakan tali pengikat flashdisk. Flashdisk yang terjatuh dapat mengakibatkan komponen-komponen di dalamnya oblak ataupun pecah dan tidak bisa berfungsi lagi.

2. Usahakan jangan pernah tercebur air. Ini biasanya terjadi karena anda lupa memindahkannya dari saku celana saat celana mau dicuci.

3. Sesuaikan suhu tempat penyimpanan flashdisk. Suhu yang bagus adalah suhu ruangan normal. Suhu yang tepat akan menghidarkan flashdisk dari korosi (berkarat) pada colokannya. Jika sudah berkarat terlalu parah maka flashdisk bisa jadi tidak dapat digunakan lagi.

4. Jika flashdisk anda memiliki tutup, tutuplah setiap kali pemakaian untuk mengurangi/menghindari kotoran debu yang masuk ke ruang komponen.

5. Jika anda tidak sibuk, defraglah flashdisk agar memiliki kinerja yang bagus. Pada saat flashdisk dicolokkan ke laptop/pc proses scanning dan loading tetap optimal. Cara mendefrag flashdisk yaitu klik kanan flashdisk > pilih properties > klik tab Tool pada kotak dialog properties > klik tombol Defragment now...

6. Jika di dalam flashdisk tersebut terdapat file-file besar seperti video yang akan diedit, pindahkan terlebih dahulu ke hardisk laptop/komputer. Ini untuk mengurangi beban kerja flashhdisk dengan daya dari power USB yang sangat minim.

7. Selalu backup flashdisk secara rutin misalnya 1 minggu sekali, 2 minggu sekali, atau 1 bulan sekali. Tergantung periode mana yang dianggap cocok menurut anda. Jika perkembangan/perubahan data yang ada di flashdisk terjadi cukup cepat setiap hari, maka semakin sering anda backup semakin baik. Back up rutin akan membuat selisih perbedaan data yang ada di flashdisk dengan yang ada di laptop/pc semakin sedikit. Lebih uptodate.

Untuk melakukan backup data, saya ada trikya di halaman ini yaitu dengan cara menjadikannya file iso. Aman dari virus. Software yang digunakan juga free.

8. Usahakan flashdisk anda tidak terkena virus. Virus bisa membuat data anda rusak karena terinveksi. Komputer/laptop anda sebaiknya memiliki antivirus yang aktif dan selalu update. Jika tidak ingin beli gunakan saja antivirus bawaan dari windows (jika anda menggunakan windows).
9. Simpan flashdisk pada suhu normal (suhu raungan).

10. Berkaitan dengan anggapan cara memperlakukan flashdisk; menjauhkan flashdisk dari benda magnetik, saya sendiri belum mendapatkan fakta yang jelas, apakah flashdisk bisa rusak atau tidak jika telalu sering ditaruh di dekat magnet, misalnya di dekat speaker televisi atau radio. Flashdisk merupakan komponen elektrik, bukan magnetik seperti halnya floppy disk. Jika medan magnetnya sangat kuat memang berpengaruh, namun jika lemah sepetinya tidak. Ini berbeda dengan floppy disk (jaman dulu) karena memang bahan materialnya bersifat magnetik
Itulah beberapa poin penting yang sering dianggap sepele oleh para pengguna flashdisk pada umumnya. Jika rusak bisa saja dengan mudah membeli flashdisk baru, namun data yang hilang tidak bisa digantikan dengan uang, anda harus bekerja keras untuk membuat ulang. Jadi, jangan sepelekan hal-hal sederhana.

Dengan memperhatikan cara merawat flashdisk yang benar sesuai tips-tips di atas, anda akan lebih jauh terhindar dari kerusakan dan kehilangan data.
 Source : http://www.walidin.net/2016/05/cara-merawat-flashdisk-agar-tidak-cepat-rusak-awet-dan-tahan-lama.html


EmoticonEmoticon